Berkunjung ke Desa Jampang Si Jawara Silat

Kidnesia.com - Ingatkah kamu tentang kisah Si Jampang? Si Jampang adalah seorang jawara silat yang ikut melawan Belanda. Nah, di Bogor, ada sebuah desa bernama Desa Jampang, lo. Wah, tempat apa ya, itu?

Desa Silat
Desa Jampang terletak di Jl. Raya Parung, Kemang, Kabupaten Bogor. Desa ini juga sering dikenal sebagai Kampung Silat. Itu karena, desa ini memang sedang dikembangkan menjadi desa wisata silat.
Silat sendiri adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Desa Jampang. Apalagi, ilmu bela diri silat juga merupakan bagian dari sejarah Desa Jampang. Tak heran jika silat masih lestari di desa ini. Bahkan, silat juga menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler di semua sekolah di Desa Jampang, lo!

Legenda Si Jampang
Ssst, tahukah kamu bahwa nama Desa Jampang ternyata tidak lepas dari kisah Si Jampang, jawara silat ? Nah, pada jaman dahulu, Jampang adalah sebutan bagi seluruh wilayah yang berada di Sukabumi, sampai Parung, Bogor. Dulunya, daerah Jampang ini merupakan daerah kekuasaan Si Jampang. Namun sekarang, daerah itu sudah terbagi-bagi ke dalam berbagai wilayah dan otonomi. Meski begitu, desa ini tetap bernama Desa Jampang.



Karena memiliki hubungan yang erat dengan sang jawara, desa ini jadi mewarisi budaya silat Jampang. Bahkan, di sini juga mempelajari Jurus Jampang, lo. Ada pula sumur yang dipercaya sebagai sumur Si Jampang.

Kampungnya Para Jawara
Sebagai informasi, Kampung Silat ini dirintis sejak tahun 2009 dan sedang dikembangkan menjadi tempat wisata budaya dan olahraga. Nah, desa ini juga dikenal sebagai desa yang suka silat atau desanya para pesilat. Tidak heran, karena di desa ini terdapat 5 perguruan silat, dengan sekitar 1.000 pesilat aktif. Bahkan, tahun 2013 nanti, ditargetkan ada 15 perguruan silat di sini. Waaah!
Nah, karena sedang dikembangkan menjadi desa wisata, desa ini juga memiliki program istimewa bagi para wisatawan, lo. Di sini, wisatawan bisa menonton silat, belajar silat, fotografi dan koreografi silat. O iya, pada tanggal 4 November lalu, desa ini juga menggelar Festival Kampoeng Jampang yang ramai dan meriah.

Wah..wah..wah..hebat, ya? Nah, bagi kamu yang ingin belajar silat, jangan lupa datang ke Desa Jampang , ya!

Teks: Chatarina Komala, Foto: Detik.com, blogspot.com
Share this article :

Posting Komentar

Dear Sahabat Silahkan berikan komentar anda pada berita / artikel yang kami tampilakan, tidak lupa kami mengucapkan terimakasih atas kunjungannya.

 
Support Silat Indonesia Community | SilatBogor Indonesia
Copyright © 2011. SilatBogor - All Rights Reserved
Template Created by SilatBogor Published by Silat Community
Proudly powered by Blogger