Ada apa dengan pencak silat di Timor Leste??

Berita mengejutkan mengenai keberadaan silat di timor leste, ada apakah dengan pencak silat disana dan mengapa bisa di larang oleh pemerintah Timor leste? dan hanya krn masalah sepele pemerintah timor leste sampai terlalu over melarang pencak silat disana? apakah ada segi politis? silahkan anda jawab sendiri.....



Kepolisian Timor Leste memperingatkan siap menindak tegas siapa pun yang mempraktikkan bela diri, setelah pemerintah melarang semua jenis bela diri menyusul kekerasan maut antar geng di sana.

Menyusul maraknya tindak kekerasan yang dilakukan oleh beberapa oknum dari perguruan pencak silat, pemerintah Timor Leste mengeluarkan larangan untuk mempelajari seni bela diri tersebut.

Paling tidak 12 orang tewas dan lebih dari 200 terluka selama dua tahun terakhir sebagai akibat pertarungan akibat persaingan di antara kelompok pencak silat lokal, kata Armando Monteiro, seorang kepala penyelidik Kepolisian Nasional Timor Leste.


Armando Monteiro selaku kepala polisi Timor Leste mengungkapkan adanya peraturan baru ini.  “Kelompok bela diri manapun yang melanggar keputusan pemerintah akan berurusan dengan hukum,” katza Monteiro. Akan ada “Nol toleransi bagi kegiatan bela diri di negara ini.“ tuturnya seperti dilansir kantor berita Timor Leste

Hal ini sampai mengundang perhatian khusus dari pemimpin negara tersebut,Xanana Gusmao. dirnya telah memberi peringatan keras pada perguruan pencak silat untuk beraktivitas dengan damai serta kembali pada filosofi pencak silat yang cinta kedamaian.

"Tidak ada ampun lagi dan saya sudah kehilangan kesabaran," kata Xanana. "Saya tidak akan mengizinkannya lagi." Ia juga meminta anggota militer dan polisi yang berlatih bela diri ini untuk keluar atau dipecat.

Sebenarnya cabang salah satu ilmu bela diri ini sudah ada di Timor Leste sejak tahun 1975, bahkan anggota pencak silat adalah salah satu elemen penting dalam perebutan kemerdekaan timor leste kala masih bersatus bagian dari NKRI.
Share this article :

Posting Komentar

Dear Sahabat Silahkan berikan komentar anda pada berita / artikel yang kami tampilakan, tidak lupa kami mengucapkan terimakasih atas kunjungannya.

 
Support Silat Indonesia Community | SilatBogor Indonesia
Copyright © 2011. SilatBogor - All Rights Reserved
Template Created by SilatBogor Published by Silat Community
Proudly powered by Blogger